Grand Sahid Jaya

PT Hotel Sahid Jaya International Tbk (PT HJSI) didirikan di Jakarta tanggal 23 Mei 1969 dalam bidang industri perhotelan dan pariwisata. Pada tahun 1970, perseroan memulai pembangunan hotel di Jalan Jendral Sudirman 86 Jakarta. Hotel ini beroperasi pada tanggal 23 Maret 1974 dengan nama Hotel Sahid Jaya yang memiliki 439 kamar. Hotel Sahid Jaya dilengkapi ruang pertemuan, restoran dan ruangan untuk perkantoran, pertokoan kecil serta fasilitas olahraga seperti kolam renang dan lapangan tenis.

Pada tanggal 22 Desember 1986, para pemegang saham perseroan mulai membangun sebuah bangunan yang merupakan pengembangan dari hotel yang lama, sehingga pada akhirnya Hotel Sahid Jaya memiliki 751 kamar. Kemudian di tahun 1987, Hotel Sahid Jaya mendapatkan status sebagai hotel bintang lima.

Grand Sahid Jaya

Pada tahun 1990, PT HSJI melakukan Penawaran Umum Perdana dan mencatatakan sahamnya di Bursa Efek Jakarta. Upaya ini dilakukan untuk memperoleh dana segar dari masyarakat guna pengembangan usaha Perseroan. Selain itu, PT HSJI juga mendirikan anak perusahaan yang bernama PT SIHMC (Sahid International Hotel Management and Consulting) pada tahun 1993. PT SIHMC bergerak di bidang jasa manajemen dan operator hotel, yang sampai saat ini mengelola sebanyak 21 hotel di bawah jaringan Sahid Hotels International.

Selanjutnya pada 26 September 1997, Perseroan memperoleh Surat Pernyataan Efektif dari Bapepam untuk melakukan Penawaran Umum Terbatas I. Perseroan memiliki Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu sebesar 217.600.000 lembar saham. Dimana setiap pemegang 1 lembar saham berhak untuk membeli 2 lembar saham. Sedangkan pada 22 Desember 2011, perseroan mengadakan kuasi reorganisasi yang disetujui oleh Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa. PT HSJI adalah salah satu perusahaan yang menjadi bagian dari kelompok usaha Sahid Group.