Pura Bali

Sekilas Bali

Bali atau sering disebut dengan pulau dewata adalah sebuah provinsi di Indonesia dengan luas wilayah 5.636,66 km2. Ibu kota provinsi Bali adalah Denpasar. Di awal kemerdekaan Indonesia, pulau dewata termasuk dalam Provinsi Sunda Kecil. yang beribu kota di Singaraja, dan kini terbagi menjadi 3 provinsi: Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Serangan.

Demografi Bali

Pulau ini memiliki populasi berjumlah 4 juta jiwa lebih, dengan mayoritas 84,5% menganut agama Hindu. Agama lainnya adalah Buddha(0,5%), Islam (13,3%), Protestan dan Katolik (1,7%).

Selain dari sektor pariwisata, para penduduk juga hidup dari pertanian dan perikanan, yang paling dikenal dunia dari pertanian ialah sistem Subak. Sebagian juga memilih menjadi seniman. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia, bahasa lokal dan bahasa Inggris khususnya bagi yang bekerja di sektor pariwisata.

Bahasa lokal dan bahasa Indonesia adalah bahasa yang paling luas pemakaiannya, namun sebagian besar masyarakat adalah pelafal trilingual.

Ekonomi Bali

Subak Bali

Tiga dekade lalu, perekonomian pulau dewata sebagian besar mengandalkan dan berbasis pada pertanian baik dari segi output dan kesempatan kerja. Sekarang, industri pariwisata menjadi objek pendapatan terbesar. Hasilnya, pulau dewata menjadi salah satu daerah terkaya di Indonesia. Pada tahun 2003, sekitar 80% perekonomian bergantung pada industri pariwisata. Pada akhir Juni 2011, non-performing loan dari semua bank adalah 2,23%, lebih rendah dari rata-rata non-performing loan industri perbankan Indonesia (sekitar 5%). Ekonomi, bagaimanapun menderita secara signifikan sebagai akibat dari aksi terorisme pada tahun 2002 dan 2005. Industri pariwisata sendiri telah pulih dari akibat peristiwa ini.

Pariwisata Bali

Tari Pendet Bali

Selain terkenal dengan keindahan alam, terutama pantainya, pulau ini juga terkenal dengan kesenian dan budayanya yang unik dan menarik. Industri pariwisata berpusat di wilayah Selatan dan di beberapa daerah lainnya. Lokasi wisata yang utama adalah Kuta dan sekitarnya seperti Legian dan Seminyak, daerah timur kota seperti Sanur, pusat kota seperti Ubud, dan di daerah selatan seperti Jimbaran, Nusa Dua dan Pecatu. Pulau dewata sebagai tempat tujuan wisata yang lengkap dan terpadu memiliki banyak sekali tempat wisata menarik, antara lain: Pantai Kuta, Pura Tanah Lot, Pantai Padang – Padang, Danau Beratan Bedugul, Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pantai Lovina dengan Lumba Lumbanya, Pura Besakih, Uluwatu, Ubud, Munduk, Kintamani, Amed, Tulamben, Pulau Menjangan dan masih banyak yang lainnya. Kini, pulau dewata juga memiliki beberapa pusat wisata yang sarat edukasi untuk anak-anak seperti kebun binatang, museum tiga dimensi, taman bermain air, dan tempat penangkaran kura-kura.

Bali Dalam Video


Referensi:

pesonaindonesia.travel