Okezone.com – Bandara Swasta Pertama di Indonesia Segera Dibuka di Bintan

BINTAN di Kepulauan Riau dikenal sebagai destinasi mewah di Indonesia yang banyak didatangi wisatawan mancanegara dari negara tetangga. Untuk semakin memudahkan aksesnya, bandara swasta segera dibuka di Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau pada akhir 2018.

Setelah mendapat persetujuan dari Kementerian Perhubungan tahun lalu, bandara ini akan berlokasi di dalam area Bintan Resorts, dekat dengan Bandara Internasional Bintan Raja Haji Fisabilillah dan Bandara Hang Nadim International di Batam.

Dikutip dari AsiaOne, Jumat (17/3/2017), PT Bintan Aviation Investments, Michael BK Budy, mengatakan bandara akan dibangun tanpa menggunakan dana negara dan akan diawasi oleh kementerian.

Investasi awal untuk bandara tersebut dilaporkan antara USD100 dan USD150 juta. “Kami sejauh ini selesai 85 persen (konstruksi) dengan panjang landasan pacu 3 kilometer,” kata Michael.

Bandara ini diharapkan untuk melayani 1 juta penumpang dan memiliki pusat pemeliharaan-perbaikan untuk baik penerbangan domestik dan asing. (fid)

Viva.co.id – Tour de Bintan 2017 Sukses Gaet Wisatawan 42 Negara

Tour de Bintan

Pada 3-5 Maret 2017, Bintan benar-benar ramai, penuh lautan turis yang ikut serta dalam Event olahraga wisata bertaraf internasional yakni, Tour De Bintan. Sebanyak  1.053 pembalap dari  42 negara datang ke kawasan yang berseberangan dengan Singapura itu.Menteri Pariwisata Arief Yahya mengucapkan selamat dan sukses atas pelaksanaan Tour de Bintan 2017. Ia mengatakan, event ini berhasil mempertahankan reputasi penyelenggaraan cycling bertaraf internasional.

“Indirect impact-nya atau media value-nya makin kuat. Bintan menjadi host Tour de Bintan yang semakin populer di mana-mana, di banyak negara, sebagai tempat balap sepeda yang berkualitas didukung fasilitas yang memadai,” kata Menpar Arief Yahya.

Mantan Dirut PT Telkom itu juga mengatakan karena acara tersebut, wisatawan mancanegara dari berbagai negara semakin banyak datang ke Bintan, Kepri.

“Kita semakin optimis, karena 60 persen dari sport event itu, akan menjadi repeat tourist. Mereka akan datang kembali, untuk berwisata, karena selama event mereka tidak sempat mengunjungi destinasi yang ditawarkan di daerah itu,” tuturnya.

Seperti diketahui, Tour de Bintan 2017 benar-benar membawa banyak berkah bagi daerah Bintan. Hotel-hotel di daerah yang sangat dekat dengan Singapura itu panen. Bintan masuk dalam kalender balap sepeda dunia, kategori Grand Fondo World Series 2017. “Sukses buat penyelenggara, Dinas Pariwisata Bintan dan Prov Kepri,” ujar Arief Yahya.

Kompas.com – Sepanjang 2016, Bintan Dikunjungi 305.000 Wisman

Sebanyak 305.000 wisatawan mancanegara (wisman) tercatat mengunjungi Kabupaten Bintan sepanjang tahun 2016. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Luki Z Prawira saat membuka “Utara Race Perahu Jong” di Pantai Trikora, Sabtu (28/1/2017).

“Bintan itu sebagai penyumbang wisman terbesar keempat di Indonesia. Itu sejak dua tahun terakhir. Pertama itu Bali, kedua Jakarta, ketiga Kepulauan Riau yaitu Batam dan keempat Bintan,” kata Luki.

Ia menyebutkan persentase kunjungan wisman terbesar berasal dari Singapura, yakni 23 persen dari total kunjungan. Sementara wisman asal China sebesar 12 persen

“Wisman China itu masuk dari Singapura dan lewat laut ke Bintan. Sisanya dari Eropa dan negara lain,” jelas Luki.

Sementara itu, lanjut Luki, wisman asal Singapura paling banyak mengunjungi Bintan lantaran letaknya yang dekat. Ia mengatakan wisman asal Singapura biasa datang pada akhir pekan.

“Rata-rata masa tinggal wisman di Bintan sekitar 2,5 hari. Wisatawan Eropa biasa tinggal lebih lama,” sebut Luki.

Luki menyebut wisman datang ke Bintan biasanya menikmati wisata laut seperti kite selancar, snorkeling, diving, dan menikmati kuliner laut. Bintan adalah salah satu destinasi wisata di Kepulauan Riau. Wisatawan bisa masuk mengunjungi obyek wisata seperti Pantai Trikora.

Kompas.com – Frekuensi Penyeberangan Singapura – Bintan Ditambah

Frekuensi penyeberangan dari Singapura ke Bintan, Kepulauan Riau ditambah pada liburan Imlek 2017. Langkah itu dilakukan lantaran mengantisipasi tingginya permintaan penyeberangan dari Singapura. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Luki Z Prawira saat ditemui di sela-sela acara lomba perahu jong “Utara Race” di Pantai Trikora, Desa Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (28/1/2017).

“Kapal setiap peak season ditambah. Jadi 12 kali satu hari. Biasanya lima kali sehari. Penambahan dari tanggal 27-29 Januari,” kata Luki.

Ia mengatakan frekuensi kapal feri biasa ditambah ketika musim liburan seperti Natal dan Tahun Baru. Luki mengatakan liburan panjang di Singapura juga memengaruhi penambahan frekuensi.

“Satu kapal bisa membawa 300 orang. Liburan Imlek sekarang wisatawan mancanegara ada 5.000 orang,” jelas Luki.

Penyeberangan Singapura dilayani dari Pelabuhan Tanah Merah ke Bandar Bintan Telani di Lagoi, Bintan. Lama perjalanan dari Singapura ke Bintan adalah 45 menit. Liburan Imlek 2017 juga membuat tingkat hunian hotel di Kabupaten Bintan meningkat. Luki mengatakan mayoritas kontribusi wisatawan mancanegara pada saat Imlek 2017 berasal dari Singapura.

“Weekend Chinese New Year di Singapura itu Senin libur. Kalau Singapura karena kedekatan ya. Mereka cukup naik kapal ke Lagoi 45 menit dan dua jam ke Tanjung Pinang,” jelasnya.

Bintan adalah salah satu destinasi wisata di Kepulauan Riau. Wisatawan bisa masuk mengunjungi obyek wisata seperti Pantai Trikora.

Seputar Indonesia (RCTI) – Pesona Padang Pasir Bintan

batampos.co.id – 3 Kawasan Akan Dijadikan Kota Tua Bintan

Pemkab Bintan akan berupaya menggalakan program-program untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bintan. Salah satunya dengan mencanangkan tiga kawasan sebagai kota tua yang memiliki ikon atau brand tersendiri.

“Tiga kawasan itu memiliki nilai budaya dan historis tinggi. Sehingga kita jadikan sebagai kota tua. Bahkan akan kita bangun menjadi kawasan yang menarik untuk dikunjungi,” ujar Bupati Bintan, Apri Sujadi di Kecamatan Bintan Timur (Bintim), Kamis (12/1).

Tiga kawasan yang akan dijadikan kota tua yaitu Kawasan Bukit Batu di Kecamatan Teluk Bintan, Kawasan Pasar Berdikari Kijang Kota di Kecamatan Bintim, dan Kawasan Kampung Mentigi Tanjunguban di Kecamatan Bintan Utara (Binut). Agar tiga kawasan bisa direalisasikan sebagai kota tua, Kata dia, secepatnya pemerintah daerah (pemda) akan menerbitkan Surat Keputusan (SK) Penetapan Status Kota Tua Kabupaten Bintan 2017. Dengan dikantonginya status kota tua diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus mempertahankan nilai budaya dan historis dari kawasan tersebut.

“Penetapan ini sudah melalui tahap kajian-kajian. Nantinya kota tua ini akan kita benah namun nilai arsitekturnya akan dipertahankan. Sehingga kelihatan lebih menarik dan bisa menjadi daya tarik untuk kunjungan wisatawan. Kami mohon kerjakeras dan dukungan semua pihak. Jadikanlah kota tua sebagai salah satu ikon yang menjadi daya tarik dan bisa dibanggakan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Besar harapannya agar seluruh pihak bisa bekerjasama untuk menjadikan kota tua sebagai ikon baru sektor pariwisata Bintan. Dengan cara itu tak hanya pemerintah yang merasakannya tapi akan berdampak pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. (ary)

Detik.com – Bali dan Bintan Sabet Penghargaan Triatlon Terbaik di Asia

Penghargaan Bali & Bintan

Tak hanya wisata alam dan wisata budaya Indoensia saja yang terkenal di level internasional. Acara sport tourism Indonesia juga mendapatkan pengakuan dunia internasional belakangan ini. Seperti dua agenda terbaru yang didukung oleh Wonderful Indonesia dari Kementerian Pariwisata dan pemerintah daerah telah dinobatkan menjadi dua acara olahraga terbaik di tiga kategori untuk level Asia.

Bali International Triatlon memenangkan kategori Best Overall Short Course Triathlon in Asia 2016, sedangkan Ironman 70.3 Bintan Kepri memenangkan kategori Best Long Distance Triathlon Swim Course in Asia 2016 juga Best Long Distance Triathlon Bike Course in Asia 2016.

Ironman 70.3 Bintan juga punya acara sport tourism yang tak kalah menarik. Vinnie Santana, pelatih triatlon di ironguides.net dan kontributor AsiaTRI mengacungkan dua jempol untuk acara yang digelar di Bintan. “Acara ini memiliki segalanya untuk menjadi salah satu Asia terbaik karena kombinasi dari akses yang mudah, course menantang, dan menyenangkan. Ini sangat bagus untuk atlet dan keluarga,” tulis Vinnie Santana.

Akses lomba memang sangat mudah dijangkau. Dari Singapura, hanya membutuhkan waktu 1 jam ke Bintan via kapal feri. Imigrasinya pun sederhana. Tiap peserta hanya perlu menyisihkan waktu tidak lebih dari 10 menit untuk masuk ke Indonesia. Setibanya di Bintan, pihak penyelenggara menyediakan shuttle bus setiap 45 menit. Setiap peserta asing diantar langsung sampai resort atau hotel resmi yang tersebar di sekitar Bintan.

Medan lombanya sangat bersahabat. Trek sepeda dianggap salah satu yang terbaik di Asia dengan kualitas jalan sangat mulus. Race terasa makin menyenangkan lantaran peserta disuguhi variasi pemandangan yang sangat mempesona. Pemadangan laut, desa-desa lokal, dan perkebunan bisa dinikmati. Lalu lintas pun sangat aman lantaran kawasan Lagoi sangat sepi dari lalu lalang kendaraan. Medan yang datar ini melahap tiga lap di sekitar danau memberi sensasi yang sangat menyenangkan.

Ironman 70.3 Bintan juga memenangkan predikat Best Long Distance Triathlon Swim Course in Asia 2016. Di laut, peserta disambut dengan perairan tenang dan hangat. Treknya lurus, jadi mudah untuk pemula. Start dimulai dari kedalaman yang menyentuh pinggang.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada penyelenggara, termasuk Kadispar Bintan, Kadisbudpar Kepri, Kadispar Bali yang serius menjaga konsistensi event international itu. “Sport events itu berdasarkan hasil survei, 60% akan datang kembali ke destinasi itu untuk travelling. Bukan untuk berkompetisi olahraga lagi. Karena itu, triatlon, maraton, sepeda, dan semua jenis olahraga kolosal itu menarik digelar di destinasi wisata kita,” ujarnya.

CNN Indonesia – Geliat Bisnis Bintan

Okezone.com – Sebulan, 12 Ribu Wisman Habiskan Waktu Main Golf di Bintan

Golf In Bintan

Golf In Bintan

Destinasi di Indonesia menyimpan jutaan keindahan yang bisa dinikmati, termasuk sport tourism. Pasalnya, Bintan kerap disasar wisman untuk bermain golf. Tidak hanya bangunan bersejarah, dan pantai saja. Tetapi, olahraga seperti Golf juga menjadi daya tarik mereka untuk melakukan wisata.

Padang Golf yang luas membuat mereka betah bermain di Bintan, selain itu harga bermain yang murah juga dimanfaatkan banyak wisatawan asing untuk berleha-leha. Biasanya wisatawan yang mengincar permainan Golf di Bintan berasal dari kawasan Asia Pasifik , misalnya saja Korea, Tiongkok, dan Jepang. Mereka sangat menyukai Golf.

“Mereka yang dari Singapura biasanya berkunjung ke Bintan ini nyari tempat Golf, karena di Asia Bintan sudah terkenal dengan Golf,” jelas Adis sebagai Grand Handling Fam Trip Jepang 2016, Kamis (9/7/2016). Menurutnya, dalam satu bulan bisa mencapai 12 ribu wisatawan mancanegara. Hitungan ini belum termasuk wisatawan lokal.


CNNIndonesia.com – Bintan Bidik Celah Wisata Olahraga

Iron Man Bintan

Iron Man Bintan

Di Indonesia, Bali terkenal dengan wisata alam dan budaya, sementara Bandung populer dengan taman dan wisata kuliner. Adapun Yogyakarta disambangi karena kekayaan budaya serta sejarah. Lalu, bagaimana dengan destinasi lain?

Bintan di Kepulauan Riau kini tengah mengejar identitas sebagai destinasi wisata olahraga. Salah satu caranya lewat acara Wonderful Indonesia Ironman 70.3 yang digelar di Bintan.

“Atraksi man made di Bintan, seperti sport tourism dan event tourism, kini sudah mulai populer di Singapura dan Malaysia,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam mengungkapkan telah sukses menggelar lomba balap sepeda Tour de Bintan, juga Bintan Triathlon dan Iron Man.

“Menyusul akan digelar lomba lari Spartan, Turnamen Golf International, dan Moon Race, lomba lari malam hari. Kami ingin menjadikan Bintan sebagai destinasi ajang olahraga untuk memancing daya tarik wisatawan,” sebut Dalmasri.

Guna mendukung pengembangan wisata olahraga tersebut, pemerintah Bintan terus menggenjot pembangunan infrastruktur.


Sindonews.com – Bintan Bahamanya Singapura, Sedot Turis Terbesar Keempat

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Rizki Handayani mengatakan, potensi pariwisata pulau Bintan ibarat potensi pariwisata negara Bahama yang terdiri dari ±700 pulau di kawasan Karibia. Dimana pariwisata Bahama bergantung dari kunjungan wisatawan Amerika Serikat (AS).

Pendapatan asli Bahama, katanya, 60 persennya dari pariwisata. Dan secara tidak langsung mempekerjakan hampir sebagian angkatan buruh. Pertumbuhan yang kokoh dalam penerimaan pariwisata dan ledakan dalam pembangunan hotel, resort, dan tempat tinggal baru telah menimbulkan kuatnya perkembangan pendapatan.

“Pulau Bintan sama seksinya dengan Bahama, ibaratnya Bahamanya Singapura. Kolam ikannya di Singapura, pusatkan promosinya di Singapura. Gandeng maskapai-maskapai penerbangan di Singapura,” kata Rizki.


Beritasatu.com – Bintan Perbesar “Kantung” buat Event dan Sport Tourism

Jika pariwisata itu ibarat celana, maka kantung kanan Bali, kantung kiri Jakarta, kantung belakang Kepri (Bantam, Bintan). Tiga kantung utama itu acap disebut 3 Greater. Selain membuat kantung-kantung baru, salah satu yang didorong Menpar Arief Yahya adalah memperbesar kapasitas kantung yang sudah ada.

“Target besar harus diikuti dengan kesiapan 3A yang besar pula. Akses, Atraksi dan Amenitas,” kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI di Jakarta.

Bintan misalnya? Atraksi manmade-nya, seperti sport tourism dan event tourism sudah mulai popular di Singapore dan Malaysia. Nature-nya, sudah pasti memiliki keunggulan dan menjadi komplementer buat Singapore yang tidak memiliki pantai, hutan, bakau dan bawah laut.

“Perhelatan Wonderful Indonesia Ironman 70.3 Bintan, 27 -28 Agustus 2016 di Lagoi Bintan adalah contoh konkret. Begitu ada event, maka kapasitas akomodasinya tidak cukup,” kata Arief Yahya.

Hari Jumat-Sabtu-Minggu, atau weekend juga semakin sulit mendapatkan kamar di Bintan. Sementara agenda events di sana sudah regular, internasional dan besar-besar. Sport tourism menjadi lokomotif yang bisa men-drive pasar wisman dari Singapore.

”Sekarang ada satu bandara, 12 hotel, 2.000 kamar. Tahun 2019 nanti, kami mentargetkan 5.000 kamar untuk wisatawan. Kami menambah amenitas, dan tentu harus melengkapi atraksinya dengan baik,” ujar Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam yang juga diamini General Grup Manager PT Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab.

Dalmasri mengatakan, setelah sukses menggelar lomba balap sepeda ‘Tour de Bintan’, Bintan Triathlon, dan IRON MAN. Menyusul akan digelar lomba lari Spartan, Turnamen Gol International, dan Moon Race (lomba lari malam hari), menjadikan Bintan sebagai ajang olahraga untuk memancing daya tarik wisatawan.

“Okupansi Hotel saat ini sudah 100 persen dengan 2.000 kamar untuk 1.200 peserta yang datang dengan para keluarga dan pendukungnya. Tentunya “kantung” kamar hotelnya masih kurang jika events terus berkembang di sana. Tanpa event saja, okupansi Hotel selalu menembus 60 persen,” tambah Abdul Wahab.


Batampos.co.id – Interkoneksi Batam-Bintan Rampung, Gubernur Apresiasi PLN

Mega proyek interkoneksi listrik Batam-Bintan (Babin) dengan kapasitas 150 kv rampung dikerjakan, dengan energize Gardu Induk (GI) Kijang, Bintan. Gubernur Kepri, Nurdin Basirun pun memberikan apresiasi atas kerja keras PLN dalam menuntaskan persoalan listrik di Pulau Bintan.

“Kita dipercayakan pemerintah pusat melalui PLN. Kalau interkoneksi sudah sudah beroperasi normal pada akhir Agustus 2016, insya Allah kebutuhan listrik kita akan terpenuhi,” ujar Nurdin disela-sela melakukan peninjauan langsung pembangunan GI Kijang, Selasa (23/8).

Kerja keras ini, merupakan bagian upaya Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk terus berupaya mengatasi krisis Listrik di Kepri. Peninjauan ini sendiri untuk memastikan berbagai kesiapan PLN. Apabila tidak ada hambatan krisis listrik di Bintan yang selama ini merisaukan masyarakat, akan terjawab dengan adanya gardu induk ini. Karena direncanakan sudah akan beroperasi di akhir 2016 ini.


Kompas.com – Hotel Meliá International Ke-15 Hadir di Bintan

Launching Ceremony Melia Bintan Indonesia

Meliá Hotels International mengumumkan penandatanganan pengelolaan Meliá Bintan, Senin (29/2/2016). Ini merupakan hotel ke-15 di Indonesia dan yang kedua di Pulau Bintan, menyusul pengumuman Gran Meliá Bintan pada tahun 2014 lalu. Penambahan resor baru yang dikembangkan Kurnia Land ini menggambarkan pertumbuhan Meliá Hotels International di Indonesia.

“Proyek baru ini adalah penambahan yang menarik untuk portofolio resor kami di Indonesia selama pengalaman lebih dari 30 tahun,” kata Bernardo Cabot, Senior Vice President Asia Pacific Meliá Hotels International.

Meliá Bintan akan menyediakan sebuah pintu gerbang bagi para wisatawan menuju salah satu kiblat terbaru di dunia untuk sebuah perjalanan yang mewah. Bintan sendiri merupakan pulau terbesar di kepulauan Riau. Pantainya berpasir putih seluas 23.000 hektar yang menghadap ke Laut China Selatan.

Pulau ini sangat dekat dan dapat dijangkau dengan kapal feri dari Singapura dan Malaysia, serta penambahan bandara internasional yang baru akan memberikan akses yang lebih besar bagi wisatawan di seluruh dunia menuju surga tropis ini.


Bisnis.com – Melia Hotels International Buka Melia Bintan

Meliá Hotels International telah resmi menambah portofolio Meliá Bintan, yang merupakan hotel ke-15 di Indonesia dan yang kedua di Pulau Bintan. Senior Vice President untuk Asia Pasifik Meliá Hotels International Bernardo Cabot mengatakan proyek baru milik Kurnia Land ini menjadi bukti eksistensi perusahaan yang telah berpengalaman lebih dari 30 tahun.

“Semangat kami terus didukung oleh besarnya permintaan untuk akomodasi dan pelayanan kami. Meliá Bintan akan menyediakan sebuah pintu gerbang bagi para wisatawan menuju salah satu kiblat terbaru di dunia untuk sebuah perjalanan yang mewah,” katanya, Rabu (2/3).

Bintan merupakan pulau terbesar di kepulauan Riau dengan pantai alami dan pantai berpasir putih seluas 23.000 ha yang menghadap ke Laut Cina Selatan. Pulau ini sangat dekat dan dapat dijangkau dengan kapal feri dari Singapura dan Malaysia, dan penambahan bandara internasional yang baru akan memberikan akses yang lebih besar bagi wisatawan di seluruh dunia menuju surga tropis ini.