Puncak Pass

Sekilas Puncak

Puncak adalah sebuah daerah wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Wilayah ini terletak 70 km sebelah selatan Jakarta. Wilayah Puncak terletak di kaki dan lereng pegunungan Gede-Pangrango dan sebagian besar merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Daerah ini terkenal sebagai daerah wisata pegunungan baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Wilayah Puncak dikenal sebagai tempat peristirahatan penduduk Jakarta karena kesejukan dan keindahan alamnya, serta merupakan daerah perkebunan teh yang dibangun pemerintah kolonial Belanda yang saat ini merupakan perkebunan teh milik PT Perkebunan Nusantara VIII Gunung Mas.

Geografi

Wilayah Puncak berada di kaki dan lereng pegunungan Gede-Pangrango dan berada pada ketinggian rata-rata 700-1.800 m di atas permukaan laut dengan suhu udaranya yang rata-rata mencapai 14-18 derajat Celcius. Selain itu, daerah ini juga dikelilingi oleh gunung lain, yaitu Gunung Salak (2.221 m).

Pariwisata

Daerah Puncak memiliki kontur alam yang unik. Hampir sebagian besar wilayah ini diselimuti perkebunan teh dengan latar belakang pegunungan. Keindahan alam daerah ini memukau Presiden Soekarno, sehingga ia membangun sebuah restoran untuk menikmati keindahan alamnya, yang kemudian diberi nama Restoran Riung Gunung. Selain itu, terdapat juga tempat-tempat rekreasi dan agrowisata yang indah, antara lain Perkebunan Teh Gunung Mas dan Gantole (Paralayang). Di daerah Puncak juga terdapat berbagai tempat wisata menarik di antaranya:

1. Telaga Warna

telaga warna

telaga warna

Telaga Warna adalah salah satu tempat wisata di Puncak yang sangat terkenal dengan keindahan panoramanya. Obyek wisata utama di lokasi ini adalah sebuah danau dengan suasana alam yang tenang dan asri. Selain menikmati keindahan pemandangan dan suasana yang asri, anda juga dapat bermain berbagai jenis permainan air di sini, misalnya sepeda air dan perahu rakit. Nama Telaga Warna berasal dari cerita yang mengatakan bahwa warna air di danau ini dapat berubah. Lokasi Telaga Warna dekat sekali dengan restoran yang sangat terkenal di Puncak, yaitu Rindu Alam.

2. Curug Cilember

curug cilember

curug cilember

Berlokasi sekitar 1,5 jam dari Jakarta, Curug Cilember adalah salah satu tempat wisata di Puncak yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Walaupun kurang terkenal, Curug Cilember menawarkan keindahan dan kesejukan alam yang asri dan segar, sehingga pantas untuk dikunjungi. Fasilitas yang ada di Curug Cilember di antaranya penangkaran kupu-kupu, tempat berkemah, penginapan, dan lain-lain. Obyek wisata utama di sini adalah 7 buah air terjun, namun untuk dapat melihat semuanya anda harus menempuh perjalanan mendaki yang cukup jauh, kurang lebih 3 jam berjalan kaki di hutan pinus yang asri. Tempat wisata ini sangat cocok untuk anda yang suka mendaki gunung.

3. Taman Riung Gunung

taman riung gunung

taman riung gunung

Taman Riung Gunung merupakan tempat wisata di Puncak yang kurang terkenal namun layak dikunjungi. Berlokasi sekitar 17 KM dari pintu tol Ciawi, Taman Riung Gunung menawarkan keindahan alam yang sejuk dan fasilitas yang lengkap. Fasilitas yang ada di sini yaitu, tea walk atau wisata kebun teh, kolam renang, tempat permainan anak-anak, restoran, sarana outbound, hingga penginapan dan terapi ikan. Yang menarik, di lokasi ini terdapat villa milik Presiden Soekarno lengkap dengan barang peninggalannya, konon katanya dahulu kala villa ini digunakan oleh Presiden Soekarno untuk berdoa dengan tenang.

4. Taman Wisata Matahari

taman wisata matahari

taman wisata matahari

Taman Wisata Matahari adalah salah satu tempat wisata di Puncak yang sangat populer. Dengan luas sekitar 30 hektar, Taman Wisata Matahari memiliki banyak fasilitas hiburan yang menarik bagi anda dan keluarga. Fasiltias yang dimiliki yaitu kolam renang, ATV, arung jeram, penginapan, sarana outbound, restoran, permainan air, permainan anak-anak, hingga pusat belanja dan wisata sawah. Tiket masuk yang murah, fasilitas yang lengkap, dan makna edukasi yang ada di Taman Wisata Matahari membuat obyek wisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Taman Wisata Matahari juga sering digunakan sebagai tempat pelatihan luar ruangan oleh perusahaan-perusahaan besar.

5. Curug Panjang

curug panjang

curug panjang

Curug Panjang adalah kawasan wisata di Megamendung yang menawarkan keindahan air terjun dan sungai kepada pengunjungnya. Kegiatan yang paling menarik di sini adalah kegiatan river trekking, atau menjelajah sungai. Untuk melakukan aktifitas jelajah sungai, saya sarankan anda menggunakan sandal gunung dan membawa baju ganti. Jangan menggunakan sandal jepit atau sejenisnya karena medan yang akan anda lalui licin dan berbatu. Di kawasan ini bukan hanya 1 air terjun saja yang dapat anda nikmati, melainkan ada 4 air terjun yang indah.

6. Desa Wisata Pancawati

desa wisata pancawati

desa wisata pancawati

Dewa Wisata Pancawati terletak di Kecamatan Caringin. Desa Wisata Pancawati menawarkan suasana pedesaan yang tradisional dan menarik untuk dinikmati. Anda dapat menikmati keindahan alam, menikmati tarian Sunda, melihat wayang golek, hingga menikmati masakan khas dan tradisional. Di sini juga terdapat fasilitas penginapan dengan suasana pedesaan yang menenangkan hati dan pikiran.

7. Curug Kembar

curug kembar

curug kembar

Curug Kembar adalah salah satu obyek wisata air terjun yang terletak di kawasan Cisarua, Puncak. Sesuai namanya, Curug Kembar adalah air terjun kembar yang hidup berdampingan sehingga sangat menarik untuk dilihat. Perjalanan yang berbatu untuk mencapai Curug Kembar mungkin dapat menyulitkan anda, namun anda tidak akan menyesal karena Curug Kembar memiliki air yang jernih dan indah.

8. Taman Safari

taman safari

taman safari

Siapa yang tidak tahu Taman Safari? Taman Safari adalah tempat wisata di Puncak yang paling populer dan merupakan tempat yang selalu dipadati pengunjung, terutama pada akhir pekan. Berlokasi di Cisarua, 77 KM dari Jakarta, Taman Safari adalah tempat wisata dengan orientasi wawasan binatang di alam bebas. Berberda dengan kebun binatang pada umumnya, di Taman Safari anda dapat melihat binatang di alamnya dari dekat dengan menggunakan mobil, bahkan anda juga dapat berinteraksi langsung dengan binatang-binantang tersebut. Koleksi hewan yang dimiliki Taman Safari berasal dari seluruh penjuru dunia, mulai dari gajah, rusa, jerapah, komodo, sampai dengan singa dan hewan lain dapat anda jumpai di sini. Selain rute melihat binatang, anda juga dapat menikmati fasilitas lain di Taman Safari, misalnya area permainan,area pertunjukan, area bayi hewan, serta area berenang bernama Safari Water Park.

9. Curug Cibeureum

curug cibereum

curug cibereum

Asal nama Curug Cibeureum adalah dari bahasa Sunda dan memiliki arti air terjun sungai merah. Konon katanya pada jaman dahulu air terjun ini memiliki aliran air berwarna merah yang disebabkan oleh lumut merah yang tumbuh di tebing. Terletak di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, air terjun Curug Cibeureum memiliki ketinggian sekitar 50 meter, cukup besar dan tinggi sehingga menarik untuk dilihat. Untuk dapat menikmati air terjun ini, anda harus berjalan lebih dari 3 KM, namun tidak perlu kuatir, di sepanjang jalan anda akan menemukan tempat peristirahatan.

10. Istana Presiden Cipanas

istana presiden cipanas

istana presiden cipanas

Istana Presiden Cipanas dulunya adalah sebuah bangunan tempat tinggal milik Belanda dan sekarang digunakan untuk tempat kediaman Presiden Republik Indonesia. Dalam istana terdapat koleksi foto-foto sejarah kepemilikan gedung mulai dari jaman Belanda, selain itu ada juga museum, toko suvenir, permandian air panas, gedung Bentoel, koleksi kaktus, koleksi tanaman hias, dan halaman yang sangat luas. Yang perlu diingat adalah tidak semua area di Istana Presiden Cipanas dapat kita masuki dan foto.

11. Melrimba Garden

melrimba garden

melrimba garden

Berlokasi di Jalan Raya Puncak KM 87, Melrimba Garden selain sebagai salah satu produsen tanaman hias yang terkenal, juga merupakan salah satu tempat wisata di Puncak dengan konsep taman natural. Dengan luas wilayah sekitar 5 hektar, Melrimba Garden menawarkan wisata keindahan alam untuk keluarga anda. Selain panoramanya yang mempesona, Melrimba Garden juga memiliki fasilitas penginapan, kolam pemancingan, kebun petik buah strawberry, lapangan rumput serba guna, sarana outbound, area permainan anak-anak, tea walk, rumah kaca tanaman hias, hingga wahana permainan luar ruangan seperti ATV dan high rope. Bagi yang membawa kendaraan, tidak perlu kuatir tidak dapat parkir karena area parkir Melrimba Garden mampu menampung 250 mobil!

12. Kebun Wisata Inkarla

kebun wisata inkarla

kebun wisata inkarla

Kebun Wisata Inkarla yang berada di kawasan Cibodas menawarkan perpaduan antara tanaman hias dan pemandangan gunung yang indah. Anda dapat melihat berbagai jenis bunga dengan warna yang berbeda-beda di sini, sangat menyejukan mata dan pikiran. Selain kebun tanaman hias, Kebun Wisata Inkarla juga memiliki fasilitas lain seperti kolam renang air hangat, ruangan meeting, sarana outbound, tenis meja, area permainan anak-anak, dan penginapan dengan pemandangan yang indah.

13. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

taman nasional gunung gede pangrango

taman nasional gunung gede pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango berjarak sekitar 100 KM dari Jakarta. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki kekayaan ekosistem yang luar biasa, dan merupakan rumah bagi hewan dan tumbuhan langka. Kegiatan yang dapat dilakukan di sini yaitu wisata alam, penelitian, pendidikan, dan pengamatan burung. Wisata alam yang paling populer di sini adalah pendakian gunung.

14. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan bagian kecil dari kumpulan masyarakat pecinta bunga yang mencoba menggelorakan kembali kecintaan masyarakat terhadap kekayaan flora khususnya bunga dan tanaman hias dalam bentuk suatu obyek wisata agro. Tampilan taman bergaya internasional dengan ragam bunga dan tanaman hias baik lokal maupun mancanegara.

15. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Lokasi Kebun Raya Cibodas – LIPI berada di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango pada ketinggian kurang lebih 1.300 – 1.425 meter di atas permukaan laut dengan luas 84,99 hektar. Temperatur rata-rata 20,06 °C, kelembaban 80,82 % dan rata-rata curah hujan 2.950 mm per tahun. Kebun Raya Cibodas merupakan tempat yang nyaman untuk beristirahat sambil menikmati keindahan berbagai jenis tumbuhan yang berasal dari Indonesia dan negara-negara lain. Kebun Raya Cibodas berjarak ±100 KM dari Jakarta dan ± 80 KM dari Bandung.


Referensi:

https://www.wikipedia.org/

http://anekatempatwisata.com/